Photoshop merupakan salah satu software yang sering digunakan banyak fotografer untuk melakukan editing. Ada banyak fitur yang tersedia dari software ini. Selain itu, software ini juga bisa merubah berbagai bentuk dari objek foto hingga membuat hasil dari editing terlihat sangat mengesankan. Kamu juga bisa menjadikan photoshop sebagai salah satu software editing yang sangat penting untuk melakukan perubahan pada hasil pemotretan. Namun, perlu diingat bahwa seluruh fitur juga harus digunakan sesuai dengan fungsional yang dibutuhkan. Semakin banyak fitur yang kamu kuasai dari software ini tentu saja akan memberikan keuntungan yang sangat besar. Cobalah kenali terlebih dahulu istilah dalam dunia photoshop sebelum menguasai seluruh fitur.

9 istilah dalam dunia photoshop yang paling umum

Bila kamu termasuk pemula dalam penggunaan software editing seperti photoshop sebaiknya kuasai beberapa hal penting. Ini termasuk istilah yang sangat sering digunakan untuk melakukan editing. Selain itu, seluruh istilah ini juga membantu kamu dalam menguasai berbagai fitur yang tersedia. Beberapa istilah dianggap menjadi salah satu karakter penting untuk mendapatkan hasil olah digital yang lebih baik. Bahkan, ada banyak fotografer professional yang juga menguasai beberapa istilah untuk memudahkan komunikasi dengan para editor. Berikut ini ada 9 istilah dalam dunia photoshop yang wajib kamu pahami bagi pemula seperti:

  1. PSD

Ini merupakan salah satu dari istilah dalam dunia photoshop yang sangat populer. PSD merupakan singkatan dari PhotoShop Document. Ini adalah salah satu format yang ditawarkan software bagi para pengguna. Format ini sangat populer karena mendukung seluruh penggunaan pilihan fitur yang masih tersedia di dalam image editor Photoshop. Misalnya saja fitur yang terintegrasi pada format penyimpanan ini termasuk color spaces, mask, transparency, alpha chanel, text, color, setting duotone dan lainnya. Hal yang paling penting tentu saja penggunaan dari format file ini bisa diintegrasikan dengan software atau aplikasi manapun. Semakin banyak fitur yang digunakan pada objek olah digital itu maka akan semakin besar ukuran file.

  • RAW

Istilah lain yang akan kamu sering dengar dari para pengguna Photoshop seperti RAW. Istilah seperti ini bukan termasuk dalam singkatan yang ada di Photoshop. Namun, RAW merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut file atau data mentah yang masih alami dan belum mengalami perubahan digital apapun. Format data atau file ini hanya dimiliki pada kamera jenis tertentu. Ukuran dari file dengan format RAW dianggap sangat besar. Hal ini yang membuat banyak editor photo menggunakan RAW converter untuk melakukan perubahan ukuran file. Selain itu, para editor photo juga sangat membutuhkan file dengan format seperti ini karena masih murni dan alami sehingga mudah untuk mendapatkan sentuhan digital.

  • JPEG

Para pemula juga harus mengenal istilah JPEG. Ini adalah salah satu istilah yang juga sangat populer di berbagai kalangan editor hingga fotografer. JPEG merupakan salah satu format yang sudah menerapkan fungsi kompresi dengan sangat maksimal. Hal ini yang membuat hasil olah digital terlihat sangat baik. Selain itu, ukuran dari file seperti ini juga dianggap tidak terlalu besar. Format ini juga paling sering digunakan untuk seluruh hasil olah digital hingga image apapun di banyak kalangan. Bahkan, popularitas dari JPEG juga bisa terintegrasi dengan beberapa software lain seperti pembuka audio. Ini dilakukan bila kamu membutuhkan data gambar secara langsung.

  • Brush

Istilah dalam dunia photoshop lainnya yang perlu dipahami tentu saja Brush. Ini adalah salah satu fitur atau tools yang ada di software photoshop. Brush memiliki ukuran lingkaran yang bisa diatur sesuai dengan kebutuhan editing. Teknik brush biasanya dilakukan untuk menghapus objek yang tidak diinginkan atau penerapan dari teknik masking. Sebagian besar dari editor memang sering menggunakan teknik dan tools ini untuk melakukan perubahan bagian tertentu dari objek. Semakin kecil ukuran dari brush biasanya akan membuat detail tampilan dari editing terlihat lebih sempurna.

  • Piksel dan resolusi

Istilah lain yang berkaitan langsung dengan image di photoshop yaitu piksel dan resolusi. Piksel merupakan unit paling kecil dalam sebuah foto atau gambar. Biasanya bentuk dari piksel seperti kotak. Gabungan kotak yang beragam itu menjadikan gambar terlihat lebih baik. Semakin baik tampilan dari gambar atau foto itu biasanya gabungan piksel juga semakin banyak. Sedangkan resolusi dianggap sebagai sebuah kerapatan yang melibatkan piksel secara menyeluruh dalam sebuah foto atau gambar. Resolusi yang digunakan pada sebuah foto memiliki perhitungan 1 inch seperti ppi atau sering disebut pixel per inch. Hal ini menunjukkan bahwa 1 inch persegi merupakan ukuran dari piksel.

  • Masking

Ini merupakan istilah yang juga sering digunakan bagi para editor professional maupun pemula. Masking merupakan salah satu teknik untuk menggabungkan beberapa objek yang diterapkan dengan bantuan menggunakan brush. Metode ini sering digunakan untuk melakukan penumpukan layer pada editing hingga pemotongan dari beberapa objek sekaligus. Teknik ini sangat dibutuhkan bagi banyak editor karena penggabungan atau penempelan dari beberapa objek memang tidak terlalu terlihat. Bahkan, metode masking membuat hasil olah digital yang melibatkan banyak objek sekaligus terlihat sangat nyata.

  • Bit

Istilah ini sebenarnya digunakan untuk representasi dari program yang digunakan pada photoshop. Bit merupakan ukuran paling kecil dalam sebuah data program di komputer. Bit ini juga melibatkan hanya beberapa angka saja seperti 0 dan 1. Kombinasi angka ini akan membuat format digital yang diterapkan semakin lebih kompleks dan membantu data representasi menjadi lebih baik. Pada program Photoshop juga menerapkan konsep bit ini untuk mendapatkan sinkronisasi pada perangkat yang digunakan.

  • CMYK dan RGB

Warna dianggap sebagai bagian penting dari penerapan olah digital melalui photoshop. Ada beberapa pilihan detail warna yang tersedia seperti CMYK dan RGB. Istilah CMYK melibatkan defenisi seperti Cyan, Magenta, Yellow dan K atau Black. Standar warna ini paling sering digunakan untuk industri percetakan di seluruh dunia. Namun, photoshop juga menawarkan pilihan standar lain melalui RGB. Istilah ini merupakan singkatan dari Red, Green dan Blue. Standar ini paling sering digunakan untuk para desainer. Masing-masing dari pilihan standar warna memang ditujukan untuk hasil olah digital objek yang sangat berbeda.

  • Layer

Istilah lain yang cukup sering digunakan untuk program Photoshop adalah Layer. Ini merupakan bagian paling dasar dan sangat penting untuk memulai olah digital. Layer adalah lapisan yang terdapat dalam sebuah image atau gambar. Bahasa paling sederhana biasanya layer ditujukan sebagai sebuah kanvas. Fungsi layers pada photoshop untuk mempermudah proses olah digital tanpa harus mengganggu objek lainnya. Apalagi konfigurasi dari layer juga bisa diatur dengan sangat mudah seperti merubah urutan pada layers atau atribut yang digunakan.