Komik merupakan cerita bergambar yang menampilkan karakter unik dan menarik. Biasanya cerita yang dihadirkan dalam gambar ini berkelanjutan. Perkembangan komik saat ini semakin pesat. Apalagi kehadiran dari platform online seperti sosial media juga akan memudahkan penggemar komik mendapatkan konten yang diinginkan.

Selain itu, saat ini juga penggemar komik bukan hanya berasal dari anak-anak saja namun juga dewasa. Ini yang membuat banyak komikus-komikus baru bermunculan dan memanfaatkan banyak platform sosial media untuk menampilkan karya yang dimilikinya. Ada banyak tema dan topik menarik yang bisa dipilih para penggemar komik. Kondisi seperti ini membuat banyak orang mulai tertarik menjadi komikus. Mungkin kamu bisa mencoba beberapa cara membuat komik buat pemula.

9 cara membuat komik buat pemula yang bisa dicoba dengan mudah

Bagi kamu yang ingin mencoba cara membuat komik buat pemula tentu saja harus mempersiapkan beberapa hal. Apalagi metode pembuatan komik memang membutuhkan karakteristik penggambaran yang berbeda dibandingkan lainnya. Selain itu, kamu juga harus memiliki jalan cerita yang lebih menarik untuk membuat orang lain semakin mengerti maksud dari komik itu. Pastikan juga bahwa kamu memiliki skill menggambar yang mumpuni sehingga memudahkan proses pembuatan komik. Berikut ini ada 9 cara membuat komik buat pemula yang bisa dicoba seperti:

  1. Menentukan ide atau tema cerita komik

Ini merupakan salah satu cara membuat komik buat pemula yang harus dilakukan. Cobalah untuk membuat idea tau tema cerita komik. Kamu bisa mendapatkan ide dengan membaca banyak sumber seperti koran, majalah atau buku. Selain itu, ide komik yang menarik justru akan semakin memudahkan kamu dalam menghasilkan karya yang digemari banyak orang. Kamu harus ingat bahwa ide dan tema dari cerita komik seperti sebaiknya berbeda dibandingkan yang lain. Metode ini justru akan memberikan keuntungan bagi kamu sehingga orang lain bisa menjadikan hasil komik yang kamu buat sebagai referensi tambahan. Selain itu, ide yang unik dan menarik juga sangat dicari oleh penggemar komik.

  • Menentukan judul komik

Kamu juga harus menentukan judul komik yang akan dibuat. Judul komik harus menjadi perwakilan dari tema cerita dan konsep utama. Judul komik sebaiknya tidak terlalu panjang. Bisa saja kamu membuat judul komik berdasarkan dari tokoh karakter yang ditampilkan. Selain itu, judul bisa kamu buat melalui proses penggambar dan pilihan tema. Judul yang semakin unik akan lebih mudah diingat oleh para penggemar. Apalagi ini juga akan menjadi keuntungan bagi kamu sehingga bisa menjangkau lebih banyak pembaca lagi. Pastikan bahwa judul komik tidak mengandung SARA.

  • Membuat draft atau konsep

Metode lain yang harus kamu perhatikan tentu saja dengan memulai pembuatan draft atau konsep. Draft ini akan menjadi dasar penting untuk mendapatkan jalan cerita dan penggambaran komik yang lebih baik. Selain itu, draft merupakan bagian dari konsep awal untuk memberikan kemudahan bagi kamu dalam melanjutkan jalan cerita. Draft komik bisa kamu buat melalui media lain dengan ukuran yang lebih besar. Konsep awal yang digunakan akan menghasilkan pemilihan tokoh karakter, jalan cerita hingga pemilihan jumlah panel. Draft ini juga membantu kamu untuk mendapatkan rincian karakter yang akan digunakan pada setiap lanjutan jalan cerita komik.

  • Mempersiapkan alat gambar

Tentu saja ini juga menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Kamu harus mempersiapkan berbagai alat gambar yang digunakan untuk membuat komik. Masing-masing alat gambar harus memiliki kualitas yang sangat baik. Selain itu, pemilihan alat gambar itu juga disesuaikan dengan kebutuhan. Beberapa alat gambar yang dibutuhkan seperti meja kaca, lampu meja, pensil, penghapus, kertas gambar berukuan tebal hingga pensil warna. Kamu juga bisa menambahkan beberapa pilihan dari alat gambar lain yang memudahkan proses penggambaran. Misalnya saja kamu membutuhkan mikroskop atau LUV yang memberikan kenyamanan dalam mendapatkan detail gambar komik.

  • Menentukan karakter

Cara membuat komik buat pemula adalah dengan menentukan tokoh karakter dari komik. Pemilihan tokoh karakter akan menjadi salah satu ciri khas dari penggambaran komik yang kamu lakukan. Biasanya ada beberapa komikus yang menampilkan hanya dengan 1 karakter utama. Namun, sebagian komikus saat ini juga sering menggunakan banyak karakter untuk memudahkan proses pengambilan jalan cerita. Hal yang paling penting tentu saja setiap tokoh karakter dalam komik memang memiliki sifat yang berbeda. Kondisi seperti ini akan membuat para pembaca semakin mudah untuk memahami konsep utama dari komik itu. Pastikan juga bahwa detail yang ditampilkan dari setiap tokoh tidak berubah dalam pembuatan komik berkelanjutan.

  • Mempersiapkan karangan cerita

Kamu juga harus mempersiapkan karangan cerita yang sangat baik. Karangan cerita ini menjadi plot yang memudahkan kamu dalam mendapatkan proses penggambaran yang lebih efisien. Mungkin kamu bisa mencoba membuat karangan cerita terlebih dahulu sebelum menggambar. Alur dalam karangan cerita membantu kamu dalam menentukan penggambaran dalam setiap panel. Selain itu, rincian dialog yang ditampilkan pada komik akan memberikan pengaruh yang sangat besar. Hal ini yang menjadi latar belakang sangat penting bagi kamu untuk mulai mempersiapkan karangan cerita dengan baik. Buatlah skrip cerita yang mudah dipahami oleh seluruh pembaca.

  • Mulai menggambar detail

Lakukan penggambaran secara detail pada setiap panel komik. Hal ini dilakukan dengan memulai pada panel pertama. Proses penggambaran akan melibatkan penempatan karakter ukuran dari setiap background dan penempatan balon kata. Proses penggambaran detail memang akan membutuhkan waktu yang cukup lama. Selain itu, kamu harus mempertimbangkan kontinuitas dari setiap jalan cerita antara panel satu dengan lainnya. Misalnya saja dengan penambahan karakter lain yang akan berada di panel berikutnya. Bahkan, penggambaran secara detail juga membuat kamu harus menentukan sudut pandang yang sangat ideal. Pastikan bahwa sudut pandang yang kamu gunakan sebagai pembaca. Konsep seperti ini akan memudahkan pesan yang diberikan melalui komik.

  • Melakukan koreksi secara menyeluruh

Lakukan koreksi secara menyeluruh. Biasanya hal ini disebut dengan revisi penggambaran. Periksa seluruh detail apakah penggambaran sudah sesuai dengan konsep utama atau belum. Selain itu, koreksi ini juga akan memudahkan kamu untuk mengkonversi jalan cerita utama. Koreksi itu dilakukan secara menyeluruh pada bagian panel. Pastikan bahwa setiap tokoh yang ditampilkan pada komik itu sudah memiliki detail dengan jalan cerita. Bahkan, ini juga berlaku pada tokoh komik yang sangat ekspresif saat menggunakan balon kata.

  • Membuat dialog dalam balon kata

Sebagian besar dari komik yang dibuat akan menggunakan balon kata. Pembuatan balon kata ini adalah sebuah dialog yang dilakukan oleh setiap tokoh komik. Pastikan kamu memilih font yang memiliki karakter sesuai dengan komik. Apalagi ukuran dari font juga memberikan pengaruh pada kenyamanan bagi pembaca.