Manfaat les renang untuk anak dan remaja ternyata ada banyak sekali tidak hanya dilihat dari sisi kesehatan dan kebugaran saja. Masih ada banyak manfaat lain yang bisa diperoleh jika anak secara rutin melakukannya.

8 Manfaat Les Renang Untuk Anak dan Remaja

Lantas apa saja manfaat les renang untuk anak dan remaja? Simak ulasannya berikut ini.

1. Manfaat les renang untuk anak dan remaja utama adalah melatih anak untuk disiplin

Seperti kita tahu bahwa olahraga bisa membuat anak menjadi lebih disiplin. Hal tersebut berlaku bagi olahraga apa saja tak terkecuali renang.

Biasanya saat anak melakukan les renang akan dibebani dengan aturan-aturan, misalnya harus datang on time, pemberian target harus bisa menguasai teknik tertentu dengan jangka waktu yang sudah ditentukan serta berbagai macam aturan lainnya.

2. Melatih kepercayaan diri

Saat mengikuti les renang dan sedang berada di air menjadikan anak harus belajar untuk bisa mendengarkan tubuhnya sendiri. Sehingga saat anak menguasai gerakan atau gaya berenang yang mudah sekalipun hal tersebut akan membantu meningkatkan rasa percaya dirinya.

Dengan memiliki rasa percaya diri maka anak akan mudah untuk mengontrol dirinya sendiri dengan baik, keinginan untuk sukses lebih besar, serta kemampuan untuk membuat rasa nyaman terhadap dirinya sendiri dalam situasi yang berbeda.

3. Skill bertahan

Dengan mengikuti les renang sejak kecil maka akan membekali tubuh dengan kemampuan skill bertahan hidup yang cukup krusial saat berada di air. Hal tersebut akan membuat anak memiliki pengalaman lebih banyak didalam air jika sewaktu-waktu mengalami kondisi darurat.

Terbukti bahwa berenang juga bisa mengurangi resiko tenggelam pada anak-anak yang memiliki usia 1-4 tahun. Walaupun demikian anak-anak masih tetap harus diawasi saat berada di air.

4. Manfaat les renang untuk anak dan remaja adalah meningkatkan kekuatan jantung dan paru-paru

Mengikuti les renang juga merupakan olahraga yang sangat baik terutama untuk kesehatan jantung dan paru-paru. Karena saat sedang berenang, anak akan dilatih untuk bisa mengatur pernapasannya dan mengangkat kepala.

Dan jika hal tersebut dilakukan secara rutin maka akan meningkatkan kekuatan jantung serta paru-parunya.

5. Mencegah Obesitas

Bagi anak maupun remaja yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas maka dengan melakukan olahraga renang akan bisa membantu untuk mencegah obesitas. Bukan hanya itu, dengan berenang juga bisa meningkatkan stamina serta membuat postur tubuh menjadi lebih baik.

6. Kesehatan mental

Manfaat mengikuti les renang tak hanya untuk fisik saja, berenang juga baik untuk kesehatan mentalnya. Dengan melakukan renang maka membuat mood anak menjadi lebih baik sehingga bisa mengatasi depresi.

Karena saat anak sedang berada di dalam air maka membuatnya akan merasa lebih rileks serta bisa bebas melakukan ekspresi.

7. Tingkatkan fungsi kognitif

Saat melakukan gerakan renang maka akan bisa membantu perkembangan saraf otak pada bagian corpusnya. Sehingga dengan berenang maka akan meningkatkan fungsi kognitif serta kemampuan berpikirnya.

Sehingga hal tersebut akan berpengaruh pada kemampuan membaca, berbahasa, pembelajaran akademis sampai dengan kesadaran spasial.

8. Manfaat les renang untuk anak dan remaja salah satunya adalah agar kualitas tidur lebih baik

Tak perlu heran jika kita menjumpai si kecil makan lebih lahap dan tidur lebih nyenyak setelah mengikuti les renang. Karena energi yang mereka keluarkan saat berenang akan membuatnya tidur menjadi lebih nyenyak dan kualitasnya baik.

Itulah manfaat les renang untuk anak dan remaja. Tentunya selain manfaat diatas, perlu diketahui pula bahwa berenang merupakan olahraga sepanjang masa. Jika anak sudah menguasai teknik berenang sejak kecil maka akan terus dikuasainya sampai mereka dewasa.  

fic: kaltim.tribunnews.com