Ada banyak kegiatan akademik yang sebenarnya bisa dilakukan di luar sekolah. Biasanya kegiatan seperti ini memang diberikan kepada anak untuk meningkatkan potensi menjadi lebih maksimal. Selain itu, kegiatan itu juga akan membantu anak dan remaja untuk mendukung seluruh metode pembelajaran yang dilakukan di sekolah. Salah satu kegiatan yang bisa anda tawarkan dengan mencoba les bahasa asing. Saat ini ada berbagai pilihan lembaga bahasa asing yang menyediakan kelas khusus untuk anak dan remaja. Kurikulum yang diberlakukan juga akan disesuaikan dengan metode pembelajaran di sekolah. Ini akan semakin membuat anak anda bisa mendapatkan pengetahuan baru tentang bahasa asing. Cobalah untuk mempertimbangkan berbagai manfaat les bahasa untuk anak dan remaja.

8 manfaat les bahasa untuk anak dan remaja

Kebutuhan bahasa asing bagi anak memang patut diperhitungkan. Hal ini juga akan membantu peningkatan potensi penguasaan bahasa asing. Apalagi penggunaan bahasa asing juga kerap diperhitungkan untuk industri dan karir dalam pekerjaan. Kondisi seperti ini yang membuat anda mulai mempertimbangkan berbagai manfaat les bahasa untuk anak dan remaja. Ada banyak pilihan bahasa asing yang bisa dicoba untuk ditawarkan kepada anak seperti Inggris, Prancis, Mandarin, Korea Selatan dan lainnya. Semakin banyak bahasa asing yang dikuasai tentu saja akan memberikan keuntungan akademik bagi anak. Berikut ini ada 8 manfaat les bahasa untuk anak dan remaja yang terdiri dari:

  1. Memberikan kesempatan untuk mandiri

Ini merupakan manfaat yang harus diperhitungkan. Usia anak dan remaja yang memiliki kesempatan untuk menikmati les bahasa dianggap akan meningkatkan kemandirian. Apalagi lingkungan dan kondisi yang ada di les bahasa asing itu akan sangat berbeda dibandingkan dengan sekolah. Bahkan, anak yang mengikuti les bahasa ini juga akan menemukan banyak karakter peserta lain yang berbeda. Ini akan membuat mereka mencoba untuk mengenal satu dengan lainnya. Potensi untuk menjadi lebih mandiri dalam menghadapi kegiatan akademik yang berbeda juga semakin besar.

  • Membuat lebih percaya diri

Manfaat les bahasa untuk anak dan remaja tentu saja membuat lebih percaya diri. Hal ini didasarkan pada kemampuan akademik yang meningkat dalam diri individu masing-masing. Setiap anak yang mengikuti les bahasa akan merasa bahwa mereka memiliki kemampuan bahasa asing yang akan membantu mereka untuk mengikuti kegiatan akademik di sekolah. Bahkan, bahasa asing yang cukup populer akan membantu dalam berbagai kegiatan non-akademik yang biasanya dilakukan di sekolah. Misalnya saja bisa menjadi modal untuk mengikuti debat dalam bahasa asing seperti Inggris, Mandarin dan lainnya.

  • Meningkatkan pengetahuan tentang bahasa asing

Hal penting lainnya yang patut diperhitungkan tentu saja akan meningkatkan pengetahuan tentang bahasa asing. Biasanya beberapa sekolah yang memiliki kualitas terbaik memang memberikan kurikulum bahasa asing namun secara terbatas. Anda bisa menawarkan les bahasa asing yang tidak dipelajari sama sekali di sekolah. Beberapa pilihan bahasa asing yang jarang diberikan di sekolah seperti bahasa Prancis, Spanyol, Mandarin, Korea Selatan hingga bahasa Arab. Penguasaan bahasa asing di luar kegiatan sekolah itu justru akan meningkatkan kemampuan anak dalam bidang akademik di tingkat lanjut.

  • Meningkatkan kemampuan akademik

Tentu saja manfaat penting lainnya yang patut diperhitungkan akan membantu peningkatan kemampuan akademik. Bahkan, hal itu juga akan mempengaruhi kegiatan akademik di tingkatan yang lebih atas. Misalnya saja penguasaan bahasa asing secara aktif di les bahasa akan memudahkan anak untuk menguasai metode pembelajaran di sekolah. Biasanya sebagian peserta juga akan membawa seluruh tugas yang diberikan di sekolah untuk dibahas secara bersama saat mengikuti proses les bahasa. Semakin baik potensi penguasaan bahasa yang dimiliki anak dan remaja maka akan semakin mudah untuk melanjutkan pembelajaran akademik.

  • Mampu meningkatkan kreativitas anak

Hal lain yang patut diperhitungkan tentu saja proses pembelajaran pada saat mengikuti les bahasa akan mampu meningkatkan kreativitas anak. Apalagi metode yang diterapkan di tempat les bahasa juga akan berbeda dibandingkan di sekolah. Biasanya sebagian pengajar di les bahasa akan menggunakan berbagai sisi kreativitas agar peserta les bisa menerima seluruh materi dengan mudah. Bahkan, ada juga tempat les bahasa yang sudah menggunakan teknologi audio visual untuk memudahkan proses pembelajaran bahasa asing secara aktif. Hal ini justru akan semakin memberikan kesempatan bagi anak untuk terus meningkatkan potensi bahasa asing sesuai dengan keinginan.

  • Memacu kinerja otak

Manfaat les bahasa untuk anak dan remaja juga bisa memacu kinerja otak menjadi lebih baik. Hal ini juga akan membantu anak untuk mengasah daya ingat menjadi lebih maksimal. Bahkan, les bahasa itu juga membuat anak tidak mudah terkena penyakit alzheimer atau daya ingat yang semakin menurun hingga pikun dini. Les bahasa yang diterapkan untuk jangka waktu tertentu justru akan membantu anak semakin mudah dalam meningkatkan potensi daya ingat. Ini membuat mereka semakin mudah untuk menerima materi lain yang berkaitan dengan kegiatan akademik.

  • Membuat anak lebih berempati

Banyak tempat les bahasa yang juga menerapkan metode pembelajaran bahasa asing dengan melibatkan sisi budaya. Misalnya saja dengan mengenalkan budaya asing sesuai dengan pilihan bahasa yang dipelajari. Apalagi ada juga tempat les bahasa yang juga melakukan kegiatan khusus dengan mengambil tema dari budaya asing itu. Hal ini dilakukan untuk mengenal seluruh kebudayaan lebih mudah dan memberikan wawasan baru bagi anak. Bahkan, cara ini juga membuat anak memiliki nilai empati yang lebih baik dalam merespon budaya baru yang dikenalkan. Cobalah untuk menyarankan anak dalam memilih bahasa asing dengan budaya yang unik seperti Prancis, Korea Selatan dan lainnya.

  • Meningkatkan interaksi sosial

Ini merupakan manfaat yang sangat penting untuk memberikan kesempatan bagi anak dalam berinteraksi. Biasanya les bahasa akan mempertemukan banyak anak dan remaja yang memiliki kemampuan berbeda. Selain itu, latar belakang akademik dari setiap peserta juga berbeda. Ini memudahkan anak untuk melakukan interaksi secara langsung. Bahkan, kondisi itu juga akan membuat mereka semakin mudah dalam beradaptasi dengan lingkungan yang baru.

Tips memilih les bahasa yang ideal

Saat ini ada banyak pilihan lembaga bahasa asing yang ditawarkan kepada orang tua. Tentu saja ini akan semakin memudahkan anda untuk memilih les bahasa yang sangat ideal sesuai dengan karakter anak. Semakin baik kualitas les bahasa itu maka akan semakin memudahkan proses pembelajaran dan peningkatan potensi anak. Mungkin anda bisa mencoba tips memilih les bahasa yang ideal seperti:

  1. Perhitungkan kualitas dari para pengajar yang ikut dalam pembelajaran.
  2. Perhatikan sarana dan fasilitas yang bisa digunakan para peserta les bahasa.
  3. Pertimbangkan seluruh rincian kurikulum yang diberikan untuk peserta.
  4. Perhitungkan juga biaya yang harus dikeluarkan untuk jangka waktu tertentu.