Menari bisa menjadi salah satu hobi yang diberikan kepada anak. Apalagi menari juga memberikan manfaat yang sangat penting bagi perkembangan psikis hingga mental anak. Selain itu, saat ini sudah banyak sanggar tari yang memberikan kesempatan bagi banyak kategori usia anak untuk belajar. Anda juga bisa menjadikan menari sebagai salah satu media penting untuk mengenalkan budaya kepada anak-anak. Namun, pastikan bahwa anak juga sudah memiliki ketertarikan pada dunia tari. Hal ini dilakukan untuk memberikan kemudahan bagi anak dalam menguasai seni tari untuk jangka waktu yang cukup lama. Mungkin anda bisa mencoba berbagai cara melatih anak agar pandai menari.

6 manfaat menari bagi anak

Tentu saja ada banyak manfaat menari yang ditujukan bagi anak. Apalagi anak pada usia yang masih relatif sangat muda akan memiliki kesempatan dalam mengembangkan kemampuan seni tari. Selain itu, tari juga bisa membuat anak lebih sehat melalui beberapa gerakan yang mungkin melatih otot. Semakin sering melakukan latihan tari maka akan semakin mudah juga untuk mendapatkan tubuh yang lentur. Namun, hal itu juga akan membutuhkan proses dalam jangka waktu tertentu. Berikut ini ada 6 manfaat menari bagi anak yang patut diperhitungkan seperti:

  1. Membuat perkembangan fisik menjadi lebih baik

Seni tari memiliki banyak teknik atau metode gerakan yang berbeda. Beberapa diantaranya seperti berjalan, berlari, melompat hingga gerakan yang membuat bagian tubuh membungkuk. Kondisi seperti ini yang membuat gerakan menjadi lebih mudah. Selain itu, beberapa tarian juga akan dilakukan untuk jangka waktu yang cukup lama. Semakin sering latihan menari maka akan membuat perkembangan fisik menjadi lebih baik. Bahkan, perkembangan ini mempengaruhi bagian tangan, kaki, leher hingga bagian tubuh lainnya. Kondisi tubuh juga akan semakin lebih kuat bila latihan tari dilakukan secara berkala.

  • Melatih kerja sama pada anak

Hal penting lainnya dari manfaat menari adalah melatih kerja sama yang dilakukan pada anak. Metode seperti ini biasanya dilakukan untuk kategori tari yang melibatkan banyak peserta. Setiap gerakan harus dilakukan secara serentak. Kondisi itu yang membuat kerja sama tim harus diterapkan dengan sangat baik. Hal ini memberikan pengaruh penting bagi perkembangan sosial anak untuk bekerja sama satu dengan lainnya. Apalagi kerja sama juga sangat dibutuhkan untuk berbagai kegiatan yang dilakukan di sekolah, rumah atau tempat lainnya.

  • Melatih sisi emosional anak

Menari juga memiliki manfaat penting bagi perkembangan emosional anak. Apalagi sebagian orang menganggap seni tari membuat emosi anak lebih matang. Aspek ini dianggap memberikan pengaruh pada perkembangan psikologis anak. Ada beberapa kategori tari yang membuat anak lebih ekspresif dan menampilkan gerakan yang lebih kreatif. Cara seperti ini membuat anak bisa melatih dalam mengendalikan emosional untuk jangka panjang. Bahkan, hal ini membuat anak juga lebih bisa mengambil keputusan untuk beberapa hal yang melibatkan banyak kegiatan.

  • Meningkatkan kepercayaan diri pada anak

Beberapa kategori tarian memang akan membutuhkan mimik wajah yang ekspresif. Hal ini memberikan kesempatan bagi anak untuk melatih kepercayaan diri menjadi lebih baik. Selain itu, ada juga beberapa tarian yang memang dilakukan di depan banyak orang. Kondisi seperti ini juga akan membuat mental anak semakin baik untuk tampil di hadapan banyak orang sekaligus. Kepercayaan diri bagi anak sangat dibutuhkan.

  • Membuat anak lebih disiplin

Tarian juga bisa membuat anak lebih disiplin. Hal ini biasanya dilakukan karena dalam beberapa set tarian memang dibutuhkan gerakan yang sama. Tentu saja itu membutuhkan komitmen yang sangat tinggi dari setiap peserta tari. Bahkan, bila terjadi kesalahan dalam sebuah gerakan tari maka hal itu akan memberikan dampak buruk bagi seluruh aktifitas pertunjukkan. Kondisi seperti ini yang membuat anak belajar lebih disiplin dan memperhatikan seluruh detail dengan sangat baik.

  • Mampu meningkatkan kemampuan berpikir pada anak

Tarian juga bisa membuat kemampuan anak semakin berkembang dengan baik. Hal ini sering terjadi pada beberapa gerakan tarian yang dianggap sangat sulit untuk dilakukan. Anak akan mencoba untuk mendapatkan solusi dengan berlatih atau mencari cara lain agar menguasai gerakan itu dengan sempurna. Kondisi seperti ini yang membuat kemampuan anak dalam berpikir semakin berkembang.

5 cara melatih anak agar pandai menari yang bisa dicoba

Seni tari memang sudah semakin berkembang saat ini. Bahkan, ada banyak anak yang memang mulai menggemari seni tari. Apalagi ada berbagai pilihan kategori seni tari yang bisa dipelajari secara otodidak ataupun dengan skema tertentu. Namun, anda juga bisa menerapkan beberapa pilihan cara atau metode yang membuat anak lebih mudah untuk menguasai seni tari. Hal ini akan membantu anak untuk berlatih dalam waktu yang lebih singkat. Mungkin anda bisa mencoba 5 cara melatih anak agar pandai menari seperti:

  1. Memberikan pilihan kategori seni tari sesuai keinginan

Salah satu cara melatih anak agar pandai menari dengan memberikan pilihan kategori yang diinginkan. Apalagi saat ini ada banyak pilihan jenis seni tari yang bisa dilakukan. Pastikan bahwa kategori seni tari itu tidak memiliki gerakan yang terlalu sulit. Mungkin anda bisa melakukan perbandingan dari beberapa jenis tari. Hal ini sering dilakukan dengan mengenalkan jenis tari tradisional kepada anak.

  • Mempelajari dasar tari terlebih dahulu

Berikan waktu kepada anak untuk mempelajari dasar dari jenis tari tradisional kepada anak. Metode seperti ini memang akan lebih mudah diserap bagi anak. Selain itu, beberapa jenis tari tradisional bisa dilakukan dengan cukup mudah. Bahkan, anda juga bisa mengenalkan budaya ini kepada anak sejak dini.

  • Mulai mencari referensi

Carilah banyak referensi tentang tari yang diinginkan anak. Anda bisa mencari lewat literasi, buku hingga internet. Apalagi saat ini ada banyak video yang menayangkan tentang melatih tarian. Pastikan bahwa gerakan dalam tarian itu bisa dikuasai anak dengan sangat mudah. Misalnya saja dengan mengenalkan video latihan tari tradisional yang tidak membutuhkan banyak gerakan sulit.

  • Memberi kesempatan belajar di sanggar tari

Cara melatih anak agar pandai menari dengan memberikan kesempatan untuk belajar di sanggar. Saat ini ada banyak sanggar yang terbuka untuk umum. Pastikan bahwa sanggar itu memiliki kualitas pengajar dan kurikulum yang ideal untuk perkembangan bakat tari pada anak. Selain itu, cobalah pilih sanggar yang memang memiliki fokus pada jenis tari tertentu. Metode ini akan lebih mudah untuk mengajarkan tari kepada anak.

  • Menyarankan mengikuti berbagai perlombaan

Anda bisa mencoba untuk membujuk anak untuk mengikuti perlombaan tari. Cara ini dilakukan untuk meningkatkan kepercayaan diri. Selain itu, anak juga akan lebih bertanggungjawab dalam mengasah kemampuan dalam seni tari. Pastikan bahwa anda tidak memberikan tekanan atau target kemenangan dalam setiap mengikuti perlombaan.