Cara kita berkomunikasi terus berubah.  Saat teknologi baru untuk pembuatan konten muncul, banyak saluran baru dikembangkan sebagai terobosan.  Cara orang mengonsumsi informasi menjadi semakin visual dan sebagai pembuat konten, tugas kita tidak hanya memahami cara membuat media, tetapi juga memahami kompleksitas hubungan masyarakat dengan media saat ini, serta dampak historis dan kontemporer media terhadap media.

 Desain Komunikasi Visual (VisComm) adalah bagian dari industri media yang menarik yang menghargai imajinasi, kreativitas, dan keahlian visual Kamu.  Keterampilan seni kreatif dan desain khusus digunakan dalam berbagai karir seperti desain grafis, desain aplikasi, ilustrasi, seni konsep, desain game, desain web, tipografi, animasi, periklanan, desain UX, desain layanan, pencarian jalan, desain interaksi, dan visual  mendongeng.  Dalam jurusan ini Kamu mendapatkan landasan yang kuat dalam dasar-dasar desain komunikasi visual dan seni kreatif, serta memilih untuk mengembangkan hasrat dan keterampilan teknis Kamu di bidang fokus seperti;  Animasi & Interaksi, Komunikasi & Ilustrasi Grafis dan Seni Kreatif.

 10 Alasan Memilih Kuliah Jurusan Desain Komunikasi Visual

 Berikut adalah beberapa alasan memilih Kuliah jurusan desain komunikasi visual yang sangat menarik :

 Mendapatkan Bayaran Dengan Menjadi Kreatif

Desainer grafis mengekspresikan kreativitas mereka setiap hari.  Selain memilih palet warna dan memilih citra dan jenis, mereka juga harus berpikir ‘di luar kotak’ untuk menyelesaikan pekerjaan yang menantang.  Jika Kamu tipe kreatif, dengan perhatian yang baik terhadap detail, desain grafis memberi Kamu kesempatan untuk mewujudkan ide-ide Kamu.

 Menghasilkan Karya Yang Bermanfaat

 Setiap proyek desain dari selebaran kecil hingga kampanye periklanan besar berpotensi memberikan manfaat bagi orang lain.  Misalnya kampanye poster dapat mendorong seseorang untuk mendonor darah, logo yang tepat dapat membantu bisnis lokal menarik lebih banyak pelanggan atau Kamu bahkan dapat mengarahkan orang ke arah yang benar melalui papan nama yang efektif.  Apa pun yang  Kamu rancang, kemampuan untuk membuat perubahan adalah hak istimewa.  Asah keterampilan komunikasi visual Kamu di perguruan tinggi dan gunakan untuk membuat dampak. Ini merupakan salah satu alasan memilih Kuliah jurusan desain komunikasi visual yang sangat menarik.

 Bisa Bekerja Dari Mana Saja

 Berbekal pensil, laptop, dan perangkat lunak yang tepat, seorang desainer dapat bekerja di mana saja di dunia.  Saat ini banyak perusahaan dan klien tidak keberatan di mana Kamu bekerja selama Kamu membuat karya.  Kamu bahkan bisa bergabung dengan pasukan ‘digital nomads’ yang terus berkembang, yang menggunakan keterampilan desain untuk mendanai perjalanan kamu.

 Bisa Mandiri

Ada banyak peluang bagi desainer untuk bekerja sendiri, mulai dari pekerja lepas hingga mendirikan agensi sendiri.  Beberapa desainer bahkan meluncurkan merek komersial mereka sendiri dengan menggunakan keterampilan pemasaran dan artistik untuk mempromosikan rangkaian produk sendiri. Ini merupakan salah satu alasan memilih Kuliah jurusan desain komunikasi visual yang sangat menarik.

 Kesempatan Kerja Yang Menyenangkan

Desainer grafis selalu diminati, terutama yang memiliki keterampilan digital.  Jumlah pekerjaan desainer in-house telah meningkat secara signifikan dalam satu tahun terakhir, semua investasi pada bakat dan agensi kreatif mereka selalu mencari desainer baru yang berpotensi.  Kualifikasi komunikasi visual membuka pintu ke berbagai macam karir termasuk Desainer Grafis, Pekerja Seni, Desainer UI / UX, Arsitek Informasi, Desainer Seluler, Pengembang Identitas Merek, Desainer Kemasan, Desainer Siaran, Ilustrator, Artis Produksi, Desainer Grafis Gerak,  Desainer Web dan Direktur Kreatif.

 Bisa Berkarir Di Industri Digital

 Dengan meningkatnya platform web dan seluler, sekarang ada permintaan yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk peran desainer digital.  Gaji rata-rata untuk Perancang Antarmuka Pengguna dengan pengalaman cukup besar jika dibandingkan dengan seorang Perancang Grafis Cetak dengan tingkat pengalaman yang sama. Ini merupakan salah satu alasan memilih Kuliah jurusan desain komunikasi visual yang sangat menarik.

 Bisa Menunjukkan Eksistensi Di Dunia

 Sebagai seorang desainer, Kamu akan menciptakan karya unik yang dapat Kamu banggakan dan membagikannya kepada dunia.  Melihat sesuatu yang Kamu rancang dalam konteks – di rak supermarket atau papan reklame – selalu menarik dan karya Kamu berpotensi dilihat oleh generasi yang akan datang. Ini merupakan salah satu alasan memilih Kuliah jurusan desain komunikasi visual yang sangat menarik.

 Bekerja Di Berbagai Industri

 Setiap industri membutuhkan komunikasi visual yang efektif dan desainer yang baik.  Apakah Kamu memilih untuk bekerja dengan jenis klien yang berbeda atau mengkhususkan diri pada bidang tertentu yang menarik bagi Kamu, kemungkinannya tidak terbatas. Kamu bisa bekerja di bidang seperti :

  • Desain Grafis
  •  Periklanan
  •  Desain web
  •  Desain Pengalaman Pengguna
  •  Membuat film
  •  Fotografi
  •  Pemasaran / Periklanan Kreatif
  •  Visualisasi data
  •  Animasi 3D
  •  Produksi Multimedia

 Pekerjaan Tidak Membosankan

 Hidup sebagai desainer tidak pernah membosankan dengan setiap hari memunculkan tantangan kreatif baru.  Kamu bisa merancang postingan media sosial untuk sebuah restoran suatu hari dan rencana strategis untuk perusahaan perawatan kesehatan di hari berikutnya. Ini merupakan salah satu alasan memilih Kuliah jurusan desain komunikasi visual yang sangat menarik.

 Menjadi Desainer Sangat Menyenangkan

 Studio desain modern adalah tempat kerja yang semarak dan menarik.  Jika bekerja kantoran di lingkungan perusahaan membuat Kamu bosan, kehidupan studio mungkin lebih cocok untuk Kamu.  Studio kreatif menghargai individualitas dengan kode pakaian yang santai, pola kerja yang fleksibel, dan ruang kerja yang unik.  Bekerja sebagai bagian dari tim kreatif sangat menginspirasi dan menyenangkan, dan untuk desainer wiraswasta ada komunitas desainer online yang luas untuk berbagi pengalaman dan saran.

 Memiliki Berbagai Keterampilan

 Setelah berhasil menyelesaikan kuliah kamu akan memiliki  pengetahuan yang luas dan koheren, dengan kedalaman prinsip dan konsep yang mendasari dalam satu atau lebih disiplin ilmu sebagai dasar untuk pembelajaran mandiri seumur hidup.

 Keterampilan kognitif untuk meninjau secara kritis, menganalisis, mengkonsolidasikan dan mensintesis pengetahuan.

 Keterampilan kognitif dan teknis untuk menunjukkan pemahaman pengetahuan yang luas dengan mendalam di beberapa area.

Keterampilan dan pengetahuan yang ditunjukkan tentang praktik, bahasa, bentuk, bahan, teknologi, dan teknik dalam disiplin Desain dan menerapkan keterampilan dan pengetahuan yang relevan ini untuk menghasilkan dan mewujudkan karya, artefak, dan bentuk ekspresi desain.

 Keterampilan kognitif dan kreatif untuk melatih pemikiran dan penilaian kritis dalam mengidentifikasi dan memecahkan masalah dengan kemandirian intelektual.

 Keterampilan komunikasi untuk menyajikan eksposisi pengetahuan dan ide yang jelas, koheren dan independen. Ini merupakan salah satu alasan memilih Kuliah jurusan desain komunikasi visual yang sangat menarik.

 Selain itu, kamu juga bisa bekerja secara mandiri dan / atau kolaboratif secara profesional dan etis, dalam mengeksplorasi situasi desain dan menghasilkan hasil desain, menghasilkan hasil ilmiah, dan berkontribusi pada budaya dan komunitas untuk berbagai audiens.

Pembuat media memiliki pengetahuan dalam sejumlah media yang berbeda daripada sangat terspesialisasi dalam satu media.  Keuntungan terbesar dari mempelajari Komunikasi Visual adalah Kamu diminta untuk mendekati pembuatan konten visual dari berbagai sudut yang berbeda, mensintesis pengalaman dari berbagai media dan subjek dalam pembuatan konten Kamu.  Jenis pemikiran luas dan pemecahan masalah inilah yang memberikan tambahan yang berarti ke sejumlah bidang setelah Kamu lulus.